Blog information

  • Category: Kuliah

  • Posted By: AglaBridgeMedia

  • Post date: 09 Jun 2021

  • Keywords: array java, array pbo, array pemrograman berorientasi objek

  • Views: 274

Array Pada Pemrograman Berorientasi Objek Menggunakan Java

Pada pembahasan kali ini kita akan fokus pada array. Seperti pada bahasa pemrograman lainnya, array merupakan variabel yang bisa menampung banyak data. Data dalam array, yang kemudian kita kenal dengan nama elemen array, biasanya memiliki tipe data yang sama. Misalkan tipe data variabel array kita berikan sebagai String, maka elemen array nya juga pun mengikuti berupa String. Untuk mengakses array, kita memerlukan indeksasi, di mana indeks pertama dimulai dengan angka 0. Bisa dilihat contoh gambaran array seperti berikut ini.

namaKota = {"Semarang", "Grobogan", "Demak", "Kudus", "Pati"};
indeks ke:    [0]          [1]        [2]      [3]      [4]

Dapat dilihat bahwa array namaKota mempunyai lima (5) buah elemen, yang menyatakan panjang dari array, dan indeksnya dimulai dengan angka 0. Sebagai catatan, nilai dari indeks maksimum suatu array biasanya dapat dihitung dengan cara:

imax = ukuranArray - 1

Yang artinya, indeks maksimum dari suatu array sama dengan banyaknya elemen array dikurangi satu.

Adapun cara penulisannya ada beberapa gaya, seperti:

String[] namaKota;
String namaKota[];
String[] namaKota = new String[5];

Menggunakan tanda kurung siku [ ] (buka dan tutup) untuk pembuatan array. penulisan tanda kurung siku bisa setelah tipe data maupun setelah nama variabel array. Dan yang ketiga menggunakan kata kunci new dan biasanya diikuti oleh ukuran dari array tersebut. Angka 5 pada contoh ketiga di atas menunjukkan banyaknya elemen array yang bisa ditampung.

Kemudian setelah pembuatan array, kita bisa mengisikan array tersebut dengan nilai-nilai yang kita inginkan. Ada beberapa cara penulisan untuk mengisikan elemen array tersebut. Yang pertama langsung mengisi elemen array dengan menggunakan indeks. Cara ini dipakai jika ingin memasukkan elemen array satu per satu.

namaKota[0] = "Semarang";
namaKota[1] = "Grobogan";

Yang kedua, bisa langsung memasukkan banyak elemen array sekaligus.

namaKota[] = {"Semarang", "Grobogan", "Demak", "Kudus", "Pati"};

Apa yang akan kita lakukan setelah membuat dan mengisi array? Kita bisa memanggil elemen array tersebut untuk keperluan tertentu. Misal untuk mengambil nama kota seseorang pada data pribadinya, atau menggunakan angka yang ada di dalam array sebagai nilai mahasiswa, atau yang lainnya. Cara mengakses array juga bisa menggunakan menggunakan indeks, seperti saat kita memasukkan elemen array pada cara pertama.

System.out.println("Kota Kamu "+namaKota[3]);

Maka akan tampil output "Kota Kamu Kudus". Kenapa muncul Kudus? Karena indeks ke-3 adalah merujuk pada elemen ke-4 dari array tersebut. Ingat lagi indeks dimulai dari angka 0 ya. Kita juga bisa mengakses elemen array menggunakan looping/perulangan. Perhatikan contoh berikut.

String kota[] = {"Semarang", "Grobogan", "Demak", "Kudus", "Pati"};
for (int x=0; x<kota.length; x++){
   System.out.println("Nama Kota Pada Index ke-"+x+": "+kota[x]);
}

Maka output dari program di atas akan seperti berikut.

Nah mudah bukan? Berikut akan saya berikan contoh kode program full nya.







blog comments powered by Disqus