Blog information

  • Category: Kuliah

  • Posted By: AglaBridgeMedia

  • Post date: 09 Mar 2020

  • Keywords: materi informatika contoh program menghitung faktorial, materi informatika dasar pemrograman menghitung faktorial, bahasa c, unan, unan purwodadi, an nuur purwodadi, an nuur, universitas an nuur

  • Views: 1188

Contoh Program Menghitung Faktorial Dengan Bahasa C

Melanjutkan pembahasan sebelumnya terkait looping atau pengulangan, kali ini saya akan share contoh lain dari pemanfaatan. Contoh kali ini adalah membuat program untuk menghitung nilai faktorial suatu bilangan. Dalam menghitung nilai faktorial suatu bilangan diharuskan dengan rumus yang sudah ada. Dalam pemrograman, kita pasti bersinggungan dengan proses matematik karena memang dasar dari pemrograman ini adalah ilmu matematika. Nah rumus faktorial ini dapat dilihat seperti berikut ini.

n! = n x (n-1) x (n-2) x ... x 2 x 1
n! = 1 x 2 x ... x (n-2) x (n-1) x n

Nah dari rumus di atas, kita coba translasikan ke algoritma kemudian ke bahasa pemrograman, dalam hal ini menggunakan bahasa C. Dari rumus di atas dapat kita tarik kesimpulan bahwa nilai dari n! adalah n dikalikan dengan n-1 dikalikan n-2 dikalikan dengan n-3 sampai dengan 1. Dengan kata lain angka dikalikan dengan angka dikurangi satu, begitu seterusnya. Kita coba menghitung faktorial dari bilangan 5. Maka prosesnya seperti berikut.

5! = 5 x 4 x 3 x 2 x 1 = 120

Nah dari pola perhitungan di atas, bisa diambil salah satu cara, yaitu dengan pengulangan atau looping. Dengan inisialisasi variabel pencacah i diberi nilai 1, kemudian variabel hasil dengan nilai 1 juga, lalu variabel hasil akan menghitung perkalian antara variabel pencacah i dengan variabel hasil. Maka selama nilai variabel pencacah i kurang dari sama dengan bilangan faktorial, misalkan 5, proses perkalian akan terus berlangsung. Untuk lebih jelas berikut saya berikan potongan kode programnya dalam bahasa C.

#include

int main()
{
  int hasil=1,bil;
  printf("Masukkan bilangan faktorial: "); scanf(" %d",&bil);
  int i;
  for(i=1;i<=bil;i++)
    {
      hasil=i*hasil;
    }
  printf("faktorial dari %d! adalah  = %d",bil,hasil);
}
Nah dari potongan kode program di atas, akan menghasilkan output hasil penghitungan nilai faktorial dari bilangan yang dimasukkan. Outputnya akan seperti gambar berikut ini.

Nah bagaimana? Mudah bukan? Tetap semangat ya guys dalam mencari ilmu. Happy Coding ^_^





blog comments powered by Disqus