Blog information

  • Category: Kuliah

  • Posted By: AglaBridgeMedia

  • Post date: 05 Mar 2020

  • Keywords: materi informatika pengulangan do while, looping do while, do while loop, unan, universitas an nuur, unan purwodadi, an nuur purwodadi

  • Views: 193

Dasar Pemrograman: Pengulangan Do While

Pada materi kali ini akan dibahas mengenai pengulangan do-while. Setelah sebelumnya telah mempelajari pengulangan for di sini dan while di sini, saya harap konsep pengulangan ini akan semakin matang ya guys. Pada pengulangan do-while ini suatu pernyataan berada pada tubuh loop. Pernyataan di sini juga sama dengan pernyataan pada pengulangan while, yaitu dapat berupa pernyataan tunggal, majemuk maupun kosong. Bentuk umum dari pengulangan/loop do-while dapat dilihat pada sintaks berikut.

do
   pernyataan;
while(kondisi)

Nah, pada pernyataan do, mula-mula pernyataan dijalankan. Kemudian akan diuji kondisinya, jika bernilai true atau benar, maka pernyataan akan dijalankan lagi. Kemudian dilakukan pengecekan kondisi lagi, jika bernilai true atau benar, maka pernyataan akan dijalankan lagi, begitu seterusnya sampai kondisi bernilai false atau salah. Berikut ini akan diberikan contoh potongan kode program menggunakan pengulangan do-while.

#include 

void main(){
    int i;

    // looping do while
     i=1;
     do{
        printf("Loop Do While %d\n", i);
         i++;
     } while(i<=5);
}
Pada potongan kode program di atas, pernyataan akan dilakukan pada pernyataan do, yaitu menampilkan keluaran berupa tulisan "Loop Do While" diikuti dengan penambahan nilai dari variabel i, sehingga i bernilai 2. Kemudian variabel i sebagai variabel pencacah akan dicek nilainya apakah bernilai kurang dari sama dengan 5 atau tidak, jika benar atau true maka pernyataan (menampilkan teks "Loop Do While") akan dijalankan lagi. Setelah nilai dari variabel i lebih dari 5 maka pengulangan akan berhenti. Adapun output dari program di atas adalah sebagai berikut.

Loop Do While 1
Loop Do While 2
Loop Do While 3
Loop Do While 4
Loop Do While 5

Nah, sekarang cobalah mempraktekkan ilmu yang sudah diperoleh menggunakan laptop, komputer atau smartphone kalian ya. Tetap semangat mencari ilmu guys.






blog comments powered by Disqus