Blog information

  • Category: Kuliah

  • Posted By: AglaBridgeMedia

  • Post date: 03 Mar 2020

  • Keywords: materi informatika pengulangan while, loop while, dasar pemrograman, unan, universitas an nuur, unan purwodadi, an nuur purwodadi

  • Views: 255

Dasar Pemrograman: Pengulangan While

Baik pada kesempatan kali ini kita akan melanjutkan bahasan kita mengenai pengulangan/looping. Pada bahasan sebelumnya Konsep Looping telah dijelaskan konsep pengulangan dan juga contoh penerapan pengulangan menggunakan for. Pada pernyataan while ini dilakukan pengecekan terhadap loop pada awal proses (sebelum tubuh pengulangan). Adapun bentuk pernyataan while sebagai berikut:

while (kondisi)
	pernyataan;

dimana pernyataan dapat berupa pernyataan tunggal, pernyataan majemuk maupun pernyataan kosong. Adapun alur dari pengulangan while ini dapat dilihat pada gambar berikut:

Dari gambar diagram alir di atas, terlihat bahwa pernyataan akan dijalankan jika memenuhi kondisi. Untuk lebih jelasnya akan saya berikan potongan kode program berikut ini.

#include 

void main(){
    int i;
    // looping while
    i=1;
    while(i<=5){
     printf("%d\n", i);
     i++;
    }
}
Pada potongan kode program di atas, dapat dilihat bahwa pernyataan (dalam hal ini adalah mencetak nilai dari variabel i) akan dijalankan jika nilai dari variabel i memenuhi kondisi (i<=5). Kemudian nilai dari variabel i ditambah dengan 1 sehingga pada proses pengulangan selanjutnya variabel i akan bernilai 2, dan begitu seterusnya sampai tidak memenuhi kondisi (i > 5). Adapun output dari program di atas adalah sebagai berikut.
1
2
3
4
5

Nah setelah kita mempelajari pengulangan while ini, semoga bisa menambah wawasan kalian ya guys. Tetap semangat mencari ilmu guys. Happy Coding ^_^






blog comments powered by Disqus