Blog information

  • Category: Kuliah

  • Posted By: AglaBridgeMedia

  • Post date: 08 Mar 2021

  • Keywords: pemrograman berorientasi objek, pbo, java, pemrograman java, bahasa pemrograman java, class, kelas, object, objek, attribute, atribut, method

  • Views: 285

Konsep Dasar Pemrograman Berorientasi Objek Menggunakan Bahasa Pemrograman Java

Pada pemrograman berorientasi objek, semua permasalahan dipandang sebagai objek. Apakah maksudnya? Maksudnya adalah menggunakan konsep objek, yaitu yang bisa terdapat data berupa field atau sering dikenal dengan istilah atribut, serta kode program dalam bentuk fungsi maupun prosedur yang sering disebut dengan method. Semua data dan fungsi tadi, atau kita sebut atribut dan method tadi dibungkus oleh kelas ataupun objek. Oleh sebab itu dinamakan pemrograman berorientasi objek. Setiap objek dapat saling berhubungan dengan objek yang lain. Adapun konsep dasar pemrograman berorientasi objek meliputi kelas, objek, atribut, abstraksi, enkapsulasi, inheritance dan polymorphisme. Pada artikel kali ini akan dibahas sedikit mengenai kelas, objek dan atribut, serta contoh kode programnya menggunakan bahasa pemrograman Java.

1. Class

Class atau dalam Bahasa Indonesia disebut dengan kelas, merupakan blueprint dari suatu object. Bayangkan kita mempunyai cetakan kue berbentuk hati. Maka cetakan itu disebut sebagai kelas. Di dalam kelas bisa terdapat atribut dan juga method.

2. Object

Sedangkan object atau dalam Bahasa Indonesia disebut dengan objek, merupakan instance of class, atau hasil cetakan dari suatu kelas. Jika pada penjelasan di kelas kita memiliki cetakan kue berbentuk hati, maka ketika kita memberikan adonan kue, maka akan terbentuk adonan kue menjadi berbentuk hati dan jika matang akan menjadi kue berbentuk hati. Nah kue berbentuk hati ini kita sebut sebagai objek.

3. Attribute

Di dalam suatu kelas biasanya terdapat suatu atribut. Atribut merupakan variabel jika dibandingkan dengan bahasa pemrograman prosedural.


Berikut bentuk umum dari sebuah class dengan beberapa atribut dan method.

class NamaClass { //nama kelas diikuti kurung kurawal buka dan diakhiri kurung kurawal tutup
   String atribut1; //atribut dengan tipe data string
   String atribut2; //atribut dengan tipe data string

   void namaMethod(){ ... } //nama method diikuti tanda kurung buka tutup
   void namaMethodLain(){ ... }
}

Ketika kita ingin mewujudkan class di atas menjadi sebuah objek, kita bisa menggunakan sintaks berikut.

NamaClass namaObj = new NamaClass();

Terdapat kata kunci untuk membuat sebuah objek, yaitu menggunakan perintah new diikuti dengan nama kelas. Nah dengan kita telah membuat sebuah objek, kita bisa memanggil atribut dan method yang ada di kelas tersebut untuk keperluan kita. Misalkan kita ingin memanggil suatu method dan atribut, maka penulisannya pada bahasa pemrograman Java adalah sebagai berikut.

namaObj.namaMethod();
namaObj.atribut1;

Tanda titik (.) pada penulisan kode program di atas merupakan cara untuk mengakses atribut dan method dalam suatu kelas.

Berikut ini akan saya berikan contoh penggunaan Class, Object, Attribute dan Method pada bahasa pemrograman Java. Studi kasusnya adalah terkait dengan data mahasiswa. Simak kode program berikut.

1. Buat sebuah class User, kemudian isikan dengan kode berikut.

public class User{
    public String nama; //atribut
    public String alamat; //atribut
    public int umur; //atribut
    public int nim;
    
    //buat method
    void Data(){
        System.out.println("Nama: "+this.nama); //menampilkan nama
		System.out.println("Alamat: "+this.alamat); //menampilkan alamat
		System.out.println("Umur: "+this.umur); //menampilkan umur
		System.out.println("NIM: "+this.nim); //menampilkan nim
    }
}

2. Buat Main class (biasanya otomatis terbuat/created, jika tidak bisa membuatnya sendiri) dengan memasukkan kode program berikut.

public class Main
{
	public static void main(String[] args) {
		User mhs = new User();
		mhs.nama = "Joko";
		mhs.alamat = "Purwodadi";
		mhs.nim = 123456789;
		mhs.umur = 20;
		mhs.Data();
	}
}
Dengan 2 buah class tersebut, jika dijalankan akan menghasilkan output sebagai berikut.


Penjelasan:

  1. Buat project pada netbeans atau bisa menggunakan compiler online seperti https://www.onlinegdb.com/ kemudian buat class pada project tadi.
  2. Buat class User terlebih dahulu, pastikan nama class file dan penamaan class pada koding sesuai, harus case sensitive.
  3. Buat atribut-atribut yang dibutuhkan beserta tipe datanya, seperti nama, nim, umur dan alamat.
  4. Kemudian buat method Data() yang berisi informasi data mahasiswa.
  5. Lalu pada class Main(), kita buat objek dari class User() dengan menggunakan kata kunci new kemudian kita isikan atribut-atribut yang ada dengan nilai yang kita inginkan.
  6. Setelah itu tinggal dijalankan.


Nah mudah bukan? Sekian dulu artikel saya pada kali ini, semoga bermanfaat.






blog comments powered by Disqus