Blog information

  • Category: Teknologi

  • Posted By: AglaBridgeMedia

  • Post date: 05 Oct 2020

  • Keywords: ngoding pakai linux command line, linux, command line, ubuntu, ubuntu server, bahasa c, compiler bahasa c

  • Views: 70

Ngoding Asik dengan Linux Command Line

Baik, pada kesempatan ini, saya akan share sedikit tips ngoding untuk yang mengalami kesulitan dalam menginstall IDE CodeBlocks atau yang lainnya. Seperti beberapa teman-teman mahasiswa saya ada yang mengalami error dalam meng-compile kode program mereka. Seperti mingw yang tidak terinstall ataupun faktor yang lainnya. Hal ini tampaknya bisa mengurangi minat dalam melakukan koding. Tapi saya yakin mereka bukan dari teman-teman mahasiswa saya yang hebat-hebat ya. Semangat dalam belajar terus dijaga walaupun di masa pandemi seperti ini.

Baik, untuk teman-teman yang belum menggunakan sistem operasi linux, saya sangat merekomendasikan kalian untuk pakai sistem operasi ini. Linux merupakan sistem operasi yang gratis, open source, bebas mau diapa-apakan dan tentunya lebih aman dari serangan virus-virus jahat yang biasa menerjang sistem operasi tetangga (red: Wind*ws). Nah di sistem operasi linux ini biasanya sudah dilengkapi dengan compiler Bahasa C, bahasa yang sering dipakai untuk praktikum dasar pemrograman maupun struktur data. GCC, begitu sebutannya, kepanjangannya adalah GNU Compiler Collection, pada awalnya hanya bisa melakukan compile pada Bahasa C saja, namun dengan berkembangnya zaman, bisa meng-compile Bahasa C++ juga.


Untuk mengecek versi yang sudah terinstall pada linux kalian, kali ini saya memakai ubuntu server 18.04 LTS di server saya, dengan mengetik:

gcc --version

Maka akan tampil informasi seperti berikut.


Di sini saya mempunyai versi 7.5.0 yang sudah terinstall di ubuntu server saya. Untuk menggunakannya cukup mudah, yang pertama kita buat file *.c terlebih dahulu, kali ini saya akan membuat di directory bahasaC yang berada di directory user saya. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Ketik perintah berikut untuk masuk ke directory latihan kita, teman-teman bisa menyesuaikan lokasi directory nya
    • cd /home/bagus/bahasaC
  2. Saya menggunakan text editor nano yang sudah tersedia, teman-teman bisa memakai text editor lainnya, seperti Atom, sublime Text atau yang lainnya. Kemudian kita buat file *.c dengan perintah:
    • nano helloAgla.c
  3. Kemudian isikan code program bahasa C berikut.
    • #include <stdio.h> int main(){ printf("Hello Agla! :)"); }
  4. Lalu simpan dengan cara tekan tombol CTRL + X, kemudian tekan tombol Y untuk mengkonfirmasi perubahan file kemudian tekan Enter. Atau CTRL + S kalau teman-teman memakain text editor lainnya
    • .
  5. Untuk meng-compile code program tadi, kita bisa menggunakan perintah.
    • gcc -o helloAgla helloAgla.c
  6. Maka akan tampil seperti berikut.

  7. Jika tidak ada error, tinggal kita menjalankan programnya dengan cara mengetikkan perintah berikut.
    • ./helloAgla

  8. Dari gambar di atas, hasilnya akan menempel dengan tulisan root@bagus ya, jika ingin berbeda baris, tinggal tambahkan tanda \n di akhir text seperti berikut.
    • printf("Hello Agla! :)\n");
  9. Sehingga akan menjadi seperti berikut.

Untuk mengubah bisa dilakukan dari nomor 2 ya teman-teman, jadi setiap ada perubahan kode program, pastikan selalu meng-compile ulang agar code yang akan dijalankan selalu up to date. Nah sekian tips programming dari saya, semoga bisa memberi manfaat, terimakasih waktunya, selalu semangat, Happy Coding. Wassalamualaikum Wr Wb






blog comments powered by Disqus