Blog information

  • Category: Kuliah

  • Posted By: AglaBridgeMedia

  • Post date: 09 Jun 2021

  • Keywords: looping java, perulangan java, perulangan pbo, perulangan pemrograman berorientasi objek, looping pemrograman berorientasi objek

  • Views: 331

Perulangan atau Looping Pada Pemrograman Berorientasi Objek Menggunakan Java

Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang Perulangan atau Looping. Hampir sama seperti looping pada bahasa pemrograman lainnya, kita bisa memerintahkan komputer untuk mengerjakan banyak tugas sekaligus dalam jumlah baris yang sedikit. Hal ini bermafaat ketika kita sudah memiliki banyak data dan ingin mempergunakan data tersebut untuk kebutuhan tertentu, maka akan memangkas waktu dan tenaga kita. Bisa dibayangkan jika kita mempunyai 10.000 data, dan kita ingin melakukan perintah ke komputer secara manual, berarti kita perlu menulis kode program paling tidak 10.000 baris yang mana itu akan meningkatkan peluang untuk salah. Berbeda jika kita menggunakan looping, dengan beberapa baris perintah saja, kita sudah bisa menggantikan 10.000 baris tadi. Looping seperti yang sudah kita kenal pada bahasa pemrograman lain, seperti for, foreach, while dan do-while.

Looping for memiliki bentuk umum:

for( int hitungan = 0; hitungan <= 10; hitungan++ ){
   // blok kode yang akan diulang
}

Di mana variabel hitungan berfungsi untuk menyimpan hitungan perulangan, atau dikenal sebagai variabel counter. Dan hitungan <= 10 berarti selama nilai hitungannya kurang dari sama dengan 10 (nilai dari hitungan diawali dengan nilai 0) maka perulangan akan terus dilakukan. Dan hitungan++ adalah counter, yaitu akan menambah nilainya 1 setiap perulangan dilakukan. Perhatikan contoh berikut.

for(int i=0; i <= 5; i++){
    System.out.println("*****");
}

Program di atas akan menampilkan output tanda bintang (*) sebanyak 6 baris. Kenapa 6 baris? Karena variabel i dimulai dari 0 dan diakhiri ketika variabel i bernilai 5, yang artinya dari 0 sampai dengan 5 ada sebanyak 6 buah perulangan.

Kemudian juga dikenal adanya perulangan foreach. Perulangan foreach mempunyai bentuk umum sebagai berikut.

for ( int item : dataArray ) {
    // blok kode yang diulang
}

Di mana variabel item akan menyimpan nilai dari array dataArray. Atau bisa juga dibaca "lakukan perulangan untuk setiap item/elemen pada array dataArray". Berikut contoh programnya.

int angka[] = {3,1,42,24,12};
// menggunakan perulangan For each untuk menampilkan angka
for( int x : angka ){
   System.out.print(x + " ");
}

Maka akan menampilkan semua elemen array angka sebagai berikut.


Ada juga bentuk perulangan while. Cara kerja perulangan while ini adalah mirip seperti kondisional/percabangan. Dia akan berulang selama kondisinya bernilai true. Berikut sintaksnya.

while ( kondisi ) {
   // blok kode yang akan diulang
}

Variabel kondisi bisa diisi dengan variabel perbandingan atau variabel boolean, yang memiliki output true atau false saja. Perulangan akan berhenti jika kondisi bernilai false.

Sedangkan looping do-while hampir mirip dengan perulangan while, hanya yang membedakan adalah blok kode program yang akan dilooping dikerjakan terlebih dahulu, kemudian baru mengecek kondisi, apakah true atau false. Jika kondisi bernilai true maka proses perulangan akan terus berjalan, dan begitu juga sebaliknya. Berikut ini sintaks dari perulangan do-while.

do {
    // blok kode yang akan diulang
} while (kondisi);

Berikut beberapa contoh program perulangan menggunakan for dan foreach.







blog comments powered by Disqus